cara setting kopling mobil diperjalanan


kopling merupakan elemen utama pada mobill,, jika di kemudian hari anda bepergian jauh,, tapi tiba tiba kopling anda macet atau putus,, ini bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan dan menjengkelkan,, di tips ini anda akan belajar bagaimana cara menyetel atau mengatur kabel kopling mobil ,
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih menggunakan kabel pada sistem koplingnya, keuntungannya jika putus ditengah jalan, mudah menggantinya dan siap melanjutkan perjalanan lagi. Tentu saja harus punya atau bawa kabel kopling cadangan.

Selain keuntungan juga ada kelemahannya, yaitu sistem kabel jika sudah lama digunakan, lambat laun kabel akan melemah/ tidak semulus kabel baru,, atau orang menyebutnya seret( macet) ini  dikarena kotoran dan gesekan. Bisa saja kabel kopling ini diganti atau dilumasi oli, namun perlu diingat dekrup dan kampas kopling juga ikutan menipis. Akibatnya pijakan pedal koplingpun berubah.

Pemecahannya mudah, tinggal setel sendiri jarak main pedal kopling. Caranya:
1. Buka kap mesin, lalu intip ke bawah di antara pipa dipstick oli dan kolom setir, ada mur plastik yang besar bentuk kembang. Itulah plastik penyetel pedal koling.
2. Putar ke kanan atau searah jarum jam supaya jarak pijakan kopling menjadi tinggi, atau putar sebaliknya kalu kurang dalam. Untuk idealnya jarak pijakan kopling disetel setengah dari pijakan paling dalam atau disesuaikan kebutuhan pengemudi.
Nah selamat mencoba sendiri di rumah.

Selamat mengemudi ria,, terima kasih,,,..

Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Nurul Hasan
Copyright © 2013. dunia blog - All Rights Reserved
Template Edited by Nurul Hasan Published by Nurul Hasan
Proudly powered by Blogger