cara membuat lampu depan lebih terang

 

Bikin lampu utama lebih terang memang bisa dengan banyak cara. Mulai dari menjaga kualitas reflektor dan mika lampu, tetap pakai bohlam asli hingga mendongkrak cahaya dengan aplikasi HID.


Salah satu cara bikin lampu utama tambah terang bisa dengan cara menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu ganda. Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik), menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya tambah terang. 

 

Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah. Watt bohlam pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya.

 

Yang dimaksud kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic. Lampu utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC seperti di Honda Tiger. Meski motor mati asal kunci dan sekalar ON, lampu akan menyala.

Ganti watt bohlam lebih kecil di motor kelistrikan AC bikin terang, karena arus listrik dari sepul yang dikeluarkan ke bohlam memang lebih besar. Tapi, besarnya dibatasi kiprok. Makanya bisa lebih terang jika watt turun tapi tidak sampai bikin putus bohlam.

Beda hal dengan motor kelistrikan DC. Semakin besar watt bohlam, makin terang cahayanya. Tapi, tentunya tergantung dari kemampuan aki tersebut di motor.

Makanya kalau lampu ganda mau tambah terang, pakai bohlam dengan watt lebih kecil. Misalnya jika awalnya 35W/12V bisa ganti jadi 25W/12V, atau dari 25W/12V pakai bohlam 18W/12V. Tapi, bentuk bohlam harus sama dan produk asli.

 

Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Nurul Hasan
Copyright © 2013. dunia blog - All Rights Reserved
Template Edited by Nurul Hasan Published by Nurul Hasan
Proudly powered by Blogger