tips menaikkan akselerasi mobil

 

 

 

Pastinya Anda akan dongkol dan kesal jika tarikan mobil Anda sedikit ngadat dan tersendat-sendat. Apalagi jika Anda sedang ada janji dengan rekan bisnis atau seseorang. Banyak penyebab mengapa kendaraan jadi rentan dengan urusan permogokan. Mulai dari kondisi mesin yang tidak bersih hingga komponen-komponen yang sudah layak diganti tapi masih saja tetap dipertahankan. Nah, bagi anda yang memiliki kendaraan yang memakai bahan bakar solar, tentunya akselerasi menjadi urusan yang cukup rumit. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa trik yang mungkin bisa dipakai untuk menghindari kendaraan kita ngadat atau tersendat-sendat saat membutuhkan akselerasi yang cukup tinggi.

Biasanya penurunan akselerasi pada mesin berbahan bakar solar dapat disebabkan karena solar bercampur dengan air dan kotoran. Akibatnya, mobil dapat tersendat-sendat karena sistem pembakaran yang tidak maksimal. Endapan air dan kotoran yang ada di dalam saringan solar harus sering diperhatikan. Sebab jika endapan mengumpul dan terlalu banyak dapat terbawa masuk ke sistem saluran bahan bakar sehingga pompa dan nosel in jektor gampang berkarat dan mengalami ke ausan. Hal ini dapat diatasi dengan membuang kandungan air yang sudah mencapai ambang batas melalui water sendimeter.  Menurut beberapa bengkel yang sempat dikunjungi oleh tim redaksi ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini ;

 

·        Lakukan pemeriksaan rutin kandungan air, sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km. Jika kurang dari batas itu, indikator sedimenter pada dasbor akan menyala.

·        Tahap kedua membuang air, caranya kendurkan baut plastik di sebelah pompa tangan atau tepatnya disamping atas mesin. Buka baut plastik tadi seperlunya sampai cairan solar bercampur air menetes keluar.

·        Lalu tekan pompa pembuangan dengan tangan ke atas dan ke bawah. Jangan lupa, sambil memompa perhatikan cairan yang keluar dari sedimen, pertama kotoran lalu air.

·        Yang perlu diingat dan diperhatikan saat solar telah dikeluarkan. Tadahilah buangan solar di baki penampung supaya tidak tercecer ke mobil. Karena jika tumpah, solar bisa membuat karet-karet / bushing jadi melar dan mengeras.

·        Setelah isi water sedimenter habis, putar tuas pompa melawan arah jarum jam untuk membuka kancing pompa agar kandungan air yang tersisa bisa keluar semua.

·        Kemudian tarik tuas pompa dan lakukan pemompaan secara teratur untuk membuang solar dan kotoran. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar habis. Jika sudah yakin endapan telah habis semua kembalikan pompa ke posisi semula dan kunci kembali dengan memutar searah jarum jam. 

·        Nah, jika Anda kurang puas dan mobil anda masih juga sering tersendat dan kurang bagus akselerasinya, mungkin ada kerak pada bagian katup-katup mesin. Ada baiknya anda memakai Power booster untuk mengupas kerak yang menempel pada katup mesin kendaraan. Mungkin untuk pertama kali kendaraan masih akan terasa tersendat-sendat, selanjutnya akselerasi mantap karena proses pembersihannya telah selesai dengan lancar.

 

Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Nurul Hasan
Copyright © 2013. dunia blog - All Rights Reserved
Template Edited by Nurul Hasan Published by Nurul Hasan
Proudly powered by Blogger