polusi udara dapat menurunkan IQ anak

 

Anak-anak yang tinggal di lingkungan dengan udara kotor memiliki IQ lebih rendah ketimbang mereka yang menghirup udara yang lebih bersih. Demikian hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston. Efek polusi pada kecerdasan sama seperti efek yang terjadi pada anak-anak yang ibunya merokok 10 batang per hari saat hamil.
Para peneliti mempelajarinya dengan melihat data 202 anak-anak di Boston yang berusia 8 sampai 11 tahun . Para peneliti menghubungkan beberapa pengukuran fungsi kognitif pada anak-anak yang terpapar karbon hitam, komponen yang diemisikan knalpot kendaraan--utamanya oleh kendaraan diesel. Semakin tinggi seorang anak terpapar karbon hitam, semakin rendah skor mereka pada beberapa uji kecerdasan.
Para peneliti menyimpulkan bahwa paparan karbon hitam yang tinggi dapat menyebabkan turunnya IQ sebesar 3,4 poin secara rata-rata. Anak-anak yang terpapar tinggi juga memiliki skor yang rendah pada tes kosa kata, memori, dan kemampuan belajar. "Angkanya berada dalam kisaran yang sama dengan paparan tembakau dan timbal,".

Dijelaskan bahwa polusi udara akan menimbulkan efek berbahaya yang ditandai dengan peradangan dan kerusakan di bagian otak. Selanjutnya, peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian terkait peradangan dan kerusakan di bagian otak pada segala usia.

Saran :

Untuk rekan-rekan yang mempunyai rumah di pinggir jalan dan mempunyai anak kecil, agar anak-anak menghindari asap knalpot mobil khususnya diesel.

Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Nurul Hasan
Copyright © 2013. dunia blog - All Rights Reserved
Template Edited by Nurul Hasan Published by Nurul Hasan
Proudly powered by Blogger